Implementasi Kompetensi Guru Sekolah Minggu di Gereja Yesus Hidup Sejati Indonesia
Main Article Content
Abstract
Mutu seorang guru menjadi bagian yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Menjadi guru Sekolah Minggu tidak hanya cukup memiliki pengetahuan teologi yang baik atau lulus dari sebuah sekolah teologi. Guru-guru Sekolah Minggu dituntut juga memiliki berbagai kompetensi yang meliputi: kompetensi spiritual, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan implementasi kompetensi Guru Sekolah Minggu di Gereja Yesus Hidup Sejati se-Indonesia.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alkitab.2010. Jakarta: LAI.
Fred N. & Howard B. Lee. Foundations of Behavioral Research. Forth Worth: Harcout
College Publisher, 2000.
Janawi. Kompetensi Guru - Citra Guru Profesional. IV. Bandung: Alfabeta, 2019.
Kristiono, Tanto dan Deo Putra Perdana, “Hambatan dan Pelayanan Guru Sekolah
Minggu di Gereja Kristen Jawa Jebres Surakarta,” Jurnal Teologi Gracia Deo Vol.
, No. 2 (2019): 91.
Kurniawan Sugiarto, Dewi Lisiani. “Kompetensi Guru Sekolah Minggu Dalam Mendukung Pertumbuhan Gereja Isa Almasih Jemaat Pringgading Semarang” (2010): 1–11. https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2023/04/5.-Dewi-Lisiani-Kurniawan-Sugiarto-Kompetensi-Guru-Sekolah-Minggu-Dalam-Mendukung-Pertumbuhan-Gereja-.pdf.
Mulyasa, E. Standar Kompetensi Dan Sertifikasi Guru. VII. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset, 2013.
Niswaty, Risma, Ulfa Dwi Batari, Muhammad Darwis, “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa,” Jurnal Ad’ministrare 5, no. 2 (2019): 105.
Pattinama, Yenni Anita. “Peranan Sekolah Minggu dalam Pertumbuhan Gereja” Jurnal
Scripta Teologi dan Pelayanan Kontekstual 4 No. 2 (2019): 132-151.
Lalupanda, Erfy Melany. “Implementasi Supervisi Akademik untuk Meningkatkan
Mutu Guru,” Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan Vol. 7, No. 1 (2019):
Permana, Nana Surya. “Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik dengan Kompetensi dan
Sertifikasi Guru” Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan Vol. 11, No.
(2017): 1.
Poerwadarminta, WJS. Kamus Umum Bahasa Indonesia. III. Jakarta: Balai Pustaka, 2006.
Riniwati. Pembinaan Guru Sekolah Minggu untuk Mengajarkan Konsep Keselamatan
Pada Anak,” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat
Vol. 4, No. 2 (2020): 186.
Sugiarto, Dewi Lisiani Kurniawan. “Kompetensi Guru Sekolah Minggu Dalam
Mendukung Pertumbuhan Gereja Isa Almasih Jemaat Pringgading Semarang”
(2010): 1–11, https://widyasari-press.com/wp-content/uploads/2023/04/5.-Dewi-
Lisiani-Kurniawan-Sugiarto-Kompetensi-Guru-Sekolah-Minggu-Dalam
Mendukung-Pertumbuhan-Gereja-.pdf.
Tefbana, Ivana IT, Sarce Rien Hana, Tri Supartini, and Hengki Wijaya. “Kompetensi Guru Sekolah Minggu Terhadap Keefektifan Mengajar Anak: Suatu Studi Kuantitatif Di Jemaat GPdI El-Shaddai Makassar.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 2 (2021): 205.
Ulfa Dwi Batari, Muhammad Darwis, Risma Niswaty. “Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa.” Jurnal Ad’ministrare 5, no. 2 (2019): 105.