Penerapan Prinsip "Golden Rules" Matius 7:12 dalam Strategi Pemasaran untuk Optimalisasi Kepuasan Pelanggan dan Kinerja Perusahaan: Analisis Hermeneutika dan Eksegesis
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan prinsip hermeneutika dan eksegesis terhadap Matius 7:12 dalam merumuskan strategi pemasaran yang bertujuan untuk optimalisasi kepuasan pelanggan dan peningkatan kinerja perusahaan. Matius 7:12, yang dikenal sebagai "Golden Rule," mengajarkan pentingnya memperlakukan orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan. Melalui pendekatan hermeneutika, penelitian ini mengeksplorasi konteks sejarah dan budaya dari ayat tersebut, sementara analisis eksegesis berfokus pada teks bahasa aslinya untuk memahami makna yang lebih dalam. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa penerapan "Golden Rule" dalam strategi pemasaran dapat memperkuat hubungan dengan pelanggan, meningkatkan kepuasan mereka, dan secara signifikan mempengaruhi kinerja perusahaan. Studi ini juga menyoroti bagaimana nilai-nilai etika yang diambil dari ajaran Yesus dapat diintegrasikan ke dalam praktik bisnis modern untuk mencapai keberlanjutan dan kesuksesan jangka panjang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Alkitab. (2020). Lembaga Alkitab Indonesia.
Berry, Leonard L. (1995). On Great Service: A Framework for Action. Free Press.
Collins, J. (2001). Good to Great: Why Some Companies Make the Leap... and Others Don't. HarperBusiness.
Brown, R. E., Fitzmyer, J. A., & Murphy, R. E. (Eds.). (1968). The New Jerome Biblical Commentary. Prentice Hall.
Carson, D. A. (1984). Matthew: The Expositor’s Bible Commentary. Zondervan.
Fee, G. D., & Stuart, D. (2003). How to Read the Bible for All Its Worth. Zondervan.
Ferrell, O. C., & Gresham, L. G. (1985). A Contingency Framework for Understanding Ethical Decision Making in Marketing. Journal of Marketing, 49(3), 87-96.
Freeman, R. E. (1984). Strategic Management: A Stakeholder Approach. Pitman Publishing.
France, R. T. (2007). The Gospel of Matthew. Wm. B. Eerdmans Publishing Co.
George G. Brenkert, "Marketing Ethics," Blackwell Encyclopedic Dictionary of Business Ethics, Blackwell Publishers, 1999.
Grönroos, C. (1994). "From Marketing Mix to Relationship Marketing: Towards a Paradigm Shift in Marketing." Management Decision, 32(2), 4-20
Keener, C. S. (2009). The Gospel of Matthew: A Socio-Rhetorical Commentary. Wm. B. Eerdmans Publishing Co.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. Pearson Education.
Marshall, I. H., & Towner, P. H. (2004). The Pastoral Epistles. Wm. B. Eerdmans Publishing Co.
Moo, D. J. (1996). The Epistle to the Romans. Wm. B. Eerdmans Publishing Co.
Wright, N. T. (1996). Jesus and the Victory of God. Fortress Press.
Solomon, M. R., Marshall, G. W., & Stuart, E. W. (2018). Marketing: Real People, Real Choices. Pearson.
Gensler, S., Völckner, F., Liu-Thompkins, Y., & Wiertz, C. (2013). "Managing Brands in the Social Media Environment." Journal of Interactive Marketing, 27(4), 242-256.
Porter, M. E. (2006). Strategy and Society: The Link Between Competitive Advantage and Corporate Social Responsibility. Harvard Business Review.
Porter, Michael E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. Free Press.
Porter, M. E. (2008). "The Five Competitive Forces That Shape Strategy." Harvard Business Review, 86(1), 78-93.
Solomon, R. C. (1992). Ethics and Excellence: Cooperation and Integrity in Business. Oxford University Press