Membangun Kecerdasan Spiritual: Peran Pendidikan Agama Kristen Pada Anak Sekolah Minggu
Main Article Content
Abstract
Pendidikan agama Kristen di Sekolah Minggu memiliki peran penting dalam membentuk kecerdasan spiritual anak-anak. Permasalahan yang dihadapi yaitu sejauh mana pendidikan agama Kristen di Sekolah Minggu mampu membentuk dan memperkaya kecerdasan spiritual anak-anak. Tujuan penelitian yaitu untuk menyelidiki dan memberikan pemahaman secara mendalam dampak pendidikan agama Kristen pada pengembangan kecerdasan spiritual anak-anak di Sekolah Minggu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif dari berbagai sumber kepustakaan untuk menghasilkan pemahaman menyeluruh dan mendukung pembuatan kesimpulan. Hasil menunjukan bahwa Kecerdasan spiritual menjadi fokus utama dalam pengembangan anak-anak di Sekolah Minggu, menekankan partisipasi dalam praktik keagamaan dan pengelolaan emosi. Interaksi aktif antara guru dan anak-anak, didukung oleh metode pengajaran yang efektif dan integrasi teknologi, berperan penting dalam membentuk karakter dan kecerdasan spiritual mereka. Evaluasi menyeluruh terhadap respons siswa dan partisipasi orang tua menjadi kunci untuk memastikan efektivitas pendidikan agama Kristen di Sekolah Minggu.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Andrianikus, Trivena. “Peran Bapak dalam Pertumbuhan Rohani Anak Berdasarkan Efesus 6:4 dan Kolose 3:21.” Jurnal Voice 1, no. 2 (Oktober 4, 2021): 1–12. https://ojs.sttbk.ac.id/index.php/teologi/article/view/26.
Arifianto, Yonatan Alex, Hardi Budiyana, dan Paulus Purwoto. “Model dan Strategi Pembelajaran Yesus berdasarkan Injil Sinoptik dan Implementasinya bagi Guru Pendidikan Agama Kristen.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 1 (2021): 1–17.
Baskoro, Paulus Kunto, dan Yonatan Alex Arifianto. “Dampak Pengajaran Guru Sekolah Minggu terhadap Kesetiaan Anak dalam Ibadah Sekolah Minggu.” DUNAMOS?: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 2, no. 2 (2022): 67–83. https://jurnal.stthappyfamily.ac.id/index.php/jtpkd/index.
Boiliu, Fredik Melkias, dan Merinda Maranatha Sitorus. “Analisis Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen Berbasis Student Center Learning Dalam Meningkatan Hasil Belajar Siswa Di Smp Negeri 23 Jakarta.” DIDASKALIA?: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 3, no. 2 (2022): 97–107.
Dell, Matthew, dan Aidan Cottrell-Boyce. “Active participation in Catholic school-based liturgy.” International Studies in Catholic Education 0, no. 0 (November 30, 2022): 1–15. https://doi.org/10.1080/19422539.2022.2146391.
Endang. Teknologi dan Media Pendidikan dalam Pembelajaran. Solo: Arya Luna, 2019.
Fatu, Sergi, Bobby Kurnia Putrawan, Hartawidjaja, dan Agus Santoso. “Pendampingan Guru Sekolah Minggu terhadap Perkembangan Iman Anak sebagai Pengikut Kristus di Gereja Presbyterian Evangelical Indonesia , Terindak , Kalimantan Barat.” SERVIRE: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 3, no. 2 (2023): 59–73. https://doi.org/10.1080/19422539.2022.2146391.
Gilang Wisnu Saputra, Muhammad Aldy Rivai, Mawaddatus Su’udah, Shepty Lana Gust Wulandari, Tyas Rosiana Dewi, dan Fitroh. “Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Kecerdasan (Intelektual, Spiritual, Emosional Dan Sosial) Studi Kasus: Anak-Anak.” Studia Informatika: Jurnal Sistem Informasi 10, no. 2 (2017): 77–88.
Hapsarini, Deslana R., dan Wahyu Suprihati. “Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Di Era Masa Kini.” Veritas Lux Mea (Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen) 1, no. 2 (2019): 100–118. http://jurnal.sttkn.ac.id/index.php/Veritas/article/view/46/pdf.
Harita, Nitani, dan Hendro Hariyanto Siburian. “Pray, Praise and Worship: Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini.” IMMANUEL: Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 3, no. 2 (2022): 104–118.
Herikiswanto, Aristo, dan Lukas. “Kontribusi Seni Budaya Karungut Dalam Menyampaikan Cerita Alkitab Pada Anak Sekolah Minggu.” Danum Pambelum: Jurnal Teologi Dan Musik Gereja 3, no. 2 (2023): 168–177.
Hotimah, Nur, dan Yanto Yanto. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Learning Education and Counseling 1, no. 2 (2019): 85–93.
Ikhwan, Lantip Nur. “Efektivitas Metode Permainan Edukatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas Ii Sd Negeri Demakijo 1 Effectiveness of Educative Games on Mathematics Learning Result in.” Jurnal Pendiidkan Guru Sekolah Dasar 10, no. 10 (2018): 984–994.
Ismail, A. Education Games. Yogjakarta: Pilar Media, 2006.
Karo, Selamat Karo, dan Dahlia Panjaitan. “Hubungan Keteladanan Guru Pak Dengan Pertumbuhan Spiritual.” Jurnal Pendidikan Religious 2, no. 1 (2020): 36–47. http://jurnal.darmaagung.ac.id/index.php/jurnalreligi/article/view/440/438.
Lie, Paulus. Mereformasi Sekolah Minggu: 8 Kiat Praktis Menjadikan Sekolah Minggu Berpusat Pada Anak. PBMR ANDI, 2021.
Munthe, Bangun, Tumpal Sirait, Bangun Bangun, dan Sorta Sihombing. “The Role of the Teacher in Implementing Christian Religion Education in Growing Christian Faith for Early Age Children.” Jurnal Obsesi?: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7, no. 3 (2023): 2641–2649.
Nata Saputra, Yudha. “Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen: Pendekatan Literatur Review.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 10, no. 2 (2022): 177–186.
Pantan, Frans, dan Eli Sabet Kristin Natalia. “Pengaruh Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Bagi Anak Usia 7-12 Tahun Terhadap Perilaku Disiplin Anak di Sekolah Minggu.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 10, no. 1 (2012): 1–20.
Ribka, Yohana Penina Zefanya, dan Novida Dwici Yuanri Manik. “Pendidikan Agama Kristen Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Keluarga Berantakan.” Journal of Religious and Socio-Cultural 3, no. 2 (2022): 131–149.
Salikunna, Riska, Agustina Fitri Palimbunga, Rensi Bunga, Anto, dan Jubrianto. “Analisis Efektivitas Metode Pengajaran Alkitab dalam Pendidikan Agama Kristen di Sekolah.” JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan 2, no. 1 (2024): 43–54.
Salome Salome, dan Lisna Novalia. “Peran Guru Pendidikan Agama Kristen dalam Mengatasi Krisis Kerohanian Anak Sekolah Minggu.” Lumen: Jurnal Pendidikan Agama Katekese dan Pastoral 2, no. 1 (2023): 66–76.
Salu, Syani Bombongan Rante, dan Joffri Herman. “Pembelajaran berbasis semiotika bagi kecerdasan spiritual anak dalam konteks keluarga Kristen Toraja.” KURIOS 9, no. 2 (September 8, 2023): 419–431. https://sttpb.ac.id/e-journal/index.php/kurios/article/view/766.
Setiyowati, Ester Putri, dan Yonatan Alex Arifianto. “Hubungan Kompetensi Pedagogik Guru Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen.” SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen 1, no. 2 (2020): 78–95.
Sisi, Sisi. “Edukasi tentang Pentingnya Kecerdasan Spiritual bagi Anak Usia 5-13 Tahun di Desa Janjang.” Jurnal PkM Setiadharma 4, no. 2 (2023): 138–147.
Siswoyo, Hadi. “Sekolah Minggu Sebagai Sarana dalam Membentuk Iman dan Karakter Anak.” Sanctum Domine: Jurnal Teologi 7, no. 1 (2020): 121–134.
Stevanus, Kalis, dan Vivilia Vivone Vriska Macarau. “Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga terhadap Pembentukan Karakter Remaja di Era 4.0.” Jurnal Dinamika Pendidikan 14, no. 2 (2021): 117–130.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabet, 2010.
Suka, Plaun. “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Kristen dengan Menerapkan Model Pembelajaran Pakem pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Serawai Tahun Pelajaran 2018/2019.” Jurnal Penelitian Inovatif 2, no. 1 (2022): 115–132.
Supriyadi, Daniel. “Implementasi Best Practice dalam Pendidikan Agama Kristen di Sekolah Minggu.” Jurnal Pendidikan Agama Kristen (JUPAK) 2, no. 1 (2021): 94–108.
Tafonao, Talizaro, Wiwiet Arie Shanty, dan Desetina Harefa. “Kurikulum Pendidikan Agama Kristen yang Kontekstual Bagi Anak Sekolah Minggu Kelas Madya.” Harati: Jurnal Pendidikan Kristen 1, no. 2 (2021): 129–143.
Tarigan, Berta, Tiur Imeldawati, dan Deslimawati Laoli. “Faktor-Faktor Mengoptimalkan Kecerdasan Spiritual Anak Menurut Amsal 1:1-7.” KERUGMA: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 4, no. 2 (2022): 45–70. http://sttiimedan.ac.id/e-journal/index.php/kerugma/article/view/83.
Trifosa, Florence, Yokhebed Joy Suryana, Michael Willis, Kathy Monica, Rini Setiawati, Paulus Sawari Samsun, dan Shintya Situmorang. “Tantangan Guru Sekolah Minggu dalam Mengajarkan Pendidikan Agama Kristen (PAK) di Era Digital pada Anak-Anak di Kota Semarang.” Jurnal HITS 2, no. 3 (2021): 1–16. http://eprint.hits.ac.id/id/eprint/116.
Wajabula, Christina Martha, I Nyoman Sudana Degeng, dan Dedi Kuswandi. “Kontribusi Metode Bermain Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Anak Sekolah Minggu.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili dan Pembinaan Warga Jemaat 5, no. 1 (Januari 27, 2021): 27–36. https://journal.sttsimpson.ac.id/index.php/EJTI/article/view/320.
Wuryandani, Wuri, Bunyamin Maftuh, Sapriya, dan Dasim Budimansyah. “Pendidikan Karakter Disiplin di Sekolah Dasar.” Jurnal Cakrawala Pendidikan 2, no. 2 (2014): 286–295.
Zaluchu, S.E. “Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif di dalam Penelitian Agama.” Evangelikal: Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat 4, no. 1 (2020): 28.
Zohar, Danar. Kecerdasan Spiritual. Bloomsbury: Great Britan, 2000.