Manajemen Pelayanan Anak di Gereja: Optimalisasi Sekolah Minggu untuk Pembinaan Karakter Anak
Main Article Content
Abstract
Manajemen pelayanan anak di gereja memegang peranan penting dalam mendukung pembinaan karakter anak melalui Sekolah Minggu. Dengan perencanaan program yang terstruktur, pelatihan rutin bagi para pengajar, serta penggunaan alat peraga dan media pembelajaran yang interaktif, Sekolah Minggu dapat menciptakan lingkungan yang aman, menyenangkan, dan relevan bagi anak-anak. Selain itu, kolaborasi antara gereja, guru, dan orang tua merupakan faktor kunci dalam memperkuat pembinaan karakter anak, baik di gereja maupun di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya pengelolaan yang efektif dalam memaksimalkan peran Sekolah Minggu sebagai sarana pembentukan karakter anak. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi Sekolah Minggu melalui manajemen yang baik berkontribusi signifikan terhadap perkembangan moral dan spiritual anak. Manajemen pelayanan anak yang terencana dengan baik akan membantu membentuk generasi muda yang memiliki fondasi karakter Kristiani yang kuat dan mampu mengatasi tantangan hidup dengan nilai-nilai moral yang tinggi.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anabertus, Hesty Rolis Tabun, Mendel Yefrichen Pasaribu, Elkana Yehezkiel Siahaan, and Ruth Judica. “Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Motivasi Anak.” Jurnal Vox Dei 4, no. 1 (2023): 126–140.
Anwar, B. “Efektivitas Alat Peraga Dalam Pembelajaran Di Sekolah Minggu.” Jurnal Pendidikan Kristen dan Anak 15, no. 3 (2020): 34–47.
———. “Evaluasi Program Pendidikan Anak: Metodologi Dan Implementasi.” Jurnal Pendidikan Anak dan Keluarga 18, no. 1 (2021): 67–80.
Dewi, Lidya S., Didimus Sutanto B. Prasetya, Talizaro Tafonao, and Uswatun Hasanah. “Optimalisasi Pendidikan Kristen Anak Usia Dini: Transformasi Pelaksanaan Pelayanan Sekolah Minggu Di Lingkungan Gereja.” Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anaka Usia Dini 7, no. 6 (2023): 8061–8072.
Febriyona, C., T. Supartini, and L. Pangemanan. “Metode Pembelajaran Dengan Media Lagu Untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan.” Jurnal Jaffray 17, no. 1 (2019): 23–140.
Gulo, Rezeki Putra, and Agus Mawarni Harefa. “Urgensi Kolaborasi Orang Tua Dan Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Mewujudkan Pendidikan Spiritual Efektif Bagi Anak.” Sinar Kasih: Jurnal Pendidikan Agama dan Filsafat 1, no. 3 (2023): 23–34. https://jurnal.sttarastamarngabang.ac.id/index.php/sinarkasih/article/view/151.
Hanik, Elya Umi, Dwiyanti Puspitasari, Emilia Safitri, Hema Rizkyana Firdaus, Maurin Pratiwi, and Reza Nidaul Inayah. “Integrasi Pendekatan TPACK (Technological, Pedagogical, Content Knowledge) Guru Sekolah Dasar SIKL Dalam Melaksanakan Pembelajaran Era Digital.” JEID: Journal of Educational Integration and Development 2, no. 1 (2022): 15–27.
Hidayat, S. “Perencanaan Program Pendidikan Anak Di Gereja: Teori Dan Praktik.” Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Anak 17, no. 2 (2023): 91–104.
———. “Strategi Pengembangan Profesional Untuk Pengajar Sekolah Minggu.” Jurnal Pendidikan dan Pengembangan Karakter 16, no. 2 (2020): 67–80.
Kusnadi, A. “Pengembangan Kurikulum Sekolah Minggu: Adaptasi Dan Inovasi.” Jurnal Pendidikan Kristen dan Anak 15, no. 3 (2021): 46–60.
Laana, Darwis Lodowich. “Solusi Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Secara Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Inculco 1, no. 1 (2021): 79–90.
Laana, Darwis Lodowich, Areyne Christi, and Hari Budiwaluyo. “The Influence of Time Management Based on Colossians 4?: 5- 6 on Youth Worship Obligation at Indonesia Antiokhia Gospel Tent Church Surabaya.” Qeios (2023): 1–11.
Lado, Orpa Umbu, and Maria Titik Windarti. “Peran Guru Kristen Dalam Membangun Karakter Siswa Di Sekolah Multikultural.” Journal New Light 2, no. 2 (2024): 69.
Lorensia Patodingan, Julfani, Fransiska Meilani, and Resti. “Kepemimpinan Berkelanjutan Dalam Menghadapi Tantangan Pendidikan Di Era Digital.” Educatioanl Journal: General and Specific Research 4, no. 3 (2024): 447–462.
Manurung, S. Pembinaan Karakter Anak Melalui Pendidikan Agama Kristen Di Gereja. Yogyakarta: Kanisus, 2019.
Marisi, Candra Gunawan, Yohanes Tarigan, Alexander Djuang Papay, Ferdinandes Petrus Bunthu, Anton, Ivan, Yesimeli, and Efendy. “Pembinaan Warga Gereja Dalam Menumbuhkan Spiritualitas Remaja-Pemuda Di GEPKIM.” Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN) 3, no. 2 (2023): 1675–1683.
Ningsih, A. “Pengembangan Materi Pembelajaran Yang Interaktif Di Sekolah Minggu.” Jurnal Pendidikan Kristen dan Anak 16, no. 1 (2023): 34–47.
Prasetyo, A. “Pendekatan Pustaka Dalam Penelitian Kualitatif: Studi Kasus Dan Metode Pengumpulan Data.” Jurnal Metode Penelitian 18, no. 2 (2021): 89–101.
Pratiwi, R. Keamanan Dan Kenyamanan Dalam Lingkungan Belajar Anak. Surabaya: Gloria Graffa., 2020.
———. Manajemen Fasilitas Pendidikan Anak: Teori Dan Praktik. Surabaya: Gloria Graffa., 2022.
Rahmat, F. “Kolaborasi Orang Tua Dan Komunitas Dalam Program Sekolah Minggu.” Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen 13, no. 1 (2023): 75–88.
Sari, R. Analisis Literatur Dan Metode Penelitian Kualitatif. Surabaya: Penerbit UNAIR, 2020.
Setiawan, P. Manajemen Pelayanan Sekolah Minggu: Membangun Generasi Dengan Iman Yang Kuat. Bandung: Yayasan Mitra Karya., 2020.
———. Pengelolaan Sumber Daya Manusia Dalam Konteks Pendidikan Kristen. Jakarta: Penerbit Universitas Kristen Satya Wacana, 2021.
Simanjuntak, Junihot M., Yanto Paulus, Victor Deak, Rivosa Santosa, Anne Yance Pesik, Dede Raminton, Lismawati Waruwu, Riris Ariesta Monalisa Sihite, and Tomas Alianus Lafau. “Pendampingan Dalam Pengembangan Pembinaan Karakter Peserta Didik Di Smpk Bintang Mulia Mekar Wangi Bandung Sebagai Salah Satu Upaya Peneguhan Panggilan Hidup Kristen.” Jurnal Abdimas Ilmiah Citra Bakti 2, no. 1 (2021): 72–83.
Tefbana, Ivana IT, Sarce Rien Hana, Tri Supartini, and Hengki Wijaya. “Kompetensi Guru Sekolah Minggu Terhadap Keefektifan Mengajar Anak: Suatu Studi Kuantitatif Di Jemaat GPdI El-Shaddai Makassar.” Didache: Journal of Christian Education 1, no. 2 (2021): 205.
Tjahjono, L. Pendidikan Kristen: Menumbuhkan Iman Anak Di Era Modern. Surabaya: Gloria Graffa., 2023.
Wijaya, H. Manajemen Kegiatan Anak Di Sekolah Minggu: Pendekatan Dan Implementasi. Salatiga: Penerbit Universitas Kristen Satya Wacana, 2022.
———. “Optimalisasi Fasilitas Sekolah Minggu Untuk Pembelajaran Yang Efektif.” Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen 19, no. 3 (2022): 45–58.
———. “Optimalisasi Peran Guru Sekolah Minggu Dalam Pembentukan Karakter Anak.” Jurnal Teologi dan Pendidikan Kristen 12, no. 1 (2022): 45–57.
Zahroh, Shofiyatuz, and Na’imah Na’imah. “Peran Lingkungan Sosial Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Di Jogja Green School.” Jurnal PG-PAUD Trunojoyo?: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini 7, no. 1 (2020): 1–9.